Switch From Pampers to Cloth Diapers (Clodi)

Sewaktu masih hamil, udah sering banget sih baca-baca di milist ataupun blog Mommy-mommy smart yang ngebahas tentang penggunaan popok kain (clodi) buat si kecil itu lebih menghemat kantong nantinya daripada harus memakai pospak alias popok sekali pakai, selain itu juga lebih ramah lingkungan dan lebih nyaman buat dipakai si kecil. Dari Raisa umur 1 bulan sampai 2 bulanan, memang aku ga pernah pakein pospak karena kasian kan masih kecil bangettt, jadi masih pake popok biasa yang bertali. Memang lumayan capek banget sihh karena dikit-dikit pipis atau pup, dan harus sering bangun malam hari karena bayi pasti ga nyaman dan nangis kalo pipis atau pup dan popoknya basah, jadi harus siap bangun malam untuk ganti popok si kecil.

Setelah menginjak usia 2 bulan, dan harus kembali bekerja, awalnya bertekad banget ga mau pake pospak ataupun clodi, jadi tetep pake celana biasa aja, jadi kalau pipis ya basah, dedek nangis trus aku gantiin celana deh, begitu juga kalau pup. Ternyata lumayan kerasa capek banget, malem begadang selain buat nyusuin juga ganti popok dan pagi harinya harus tetep bekerja sampai sore harinya.

clodi

Akhirnya saya coba pakein pospak di malam hari, hasilnya si kakak bobonya lebih nyenyak dan bangun hanya untuk menyusu aja, jadi jam tidur saya pun lebih panjang daripada hari-hari sebelumnya. Genap satu bulan pake pospak, Raisa mulai terkena ruam popok, muncul bintik-bintik merah gitu di sekitar pantat. Sempet panik juga karena ga tega ngeliat kulitnya yang tadinya mulus berubah jadi merah-merah. Setelah dicoba ga dipakein pospak dan diobati dengan salep gatal dari Konicare, akhirnya sembuh. Sejak itu bertekad untuk nyicil clodi sebagai ganti pospak tadi, dan alhamdulillah, sampai sekarang sudah ga pernah ruam popok lagi. Clodi favoritnya kakak Raisa itu merk Pempem yang tipe nya velcro (perekat) dengan pocket untuk memasukkan insert. Insertnya ada yang bamboo dan ada yang microfiber. Bedanya kalo insert bamboo lebih mudah menyerap pipis tapi tidak bisa menampung banyak, sedangkan microfiber kebalikannya. Sehari bisa habis 5-7 clodi saat ditinggal Bundanya ngantor. Hehe.

insert clodi

Sedikit tips memakaikan clodi buat si bayi kecil:

  • Sebaiknya memakaikan clodi dengan batas waktu 3-4 jam, karena apabila terlalu lama bisa mengakibatkan bayi merasa tidak nyaman dan juga menimbulkan kemerahan pada kulit bayi.
  • Sebaiknya segera ganti clodi sewaktu bayi Buang Air Besar (BAB) dengan yang baru, jangan sampai menunggu lama. karena kotoran yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi bisa menyebabkan ruam atau kemerahan.
  • Bersihkan kulit bayi dengan air hangat dan handuk lembut hingga kering pada saat pergantian clodi, lalu berikan baby cream atau bedak bayi pada kulit agar segar kembali kulitnya, memberikan jeda atau masa istirahat pada saat pergantian clodi sekitar 10-30 menit (memakai celana biasa tanpa clodi) juga baik untuk bayi, selanjutnya baru ganti dengan Clodi yang baru dan bersih, supaya kulit tetap sehat dan lembut.

clodi raisa

Nah, menggunakan clodi tiap hari untuk si kecil itu susah-susah gampang lho perawatannya. Sedikit berbagi pengalaman untuk perawatan clodi-clodi si kecil:

  1. Ketika pertama kali akan menggunakan clodi, lakukanlah prewash dengan mencuci menggunakan tangan atau mesin cuci. Prewash sebaiknya dilakukan minimal 3 kali (cuci – kering – cuci – kering- cuci – kering – pakai). Tujuannya adalah menghilangkan lapisan finishing pada proses pembuatan atau proses pengepakansehingga clodi lebih sehat, lebih mudah menyerap pipis dan lebih mudah mengangkat noda pup.
  2. Gunakanlah deterjen yang tidak mengandung bahan pemutih atau pelembut dengan takaran setengah dari saran pencucian yang disyaratkan deterjen, kalau saya biasanya menggunakan Ultraco.
  3. Untuk clodi model Velcro atau perekat (seperti clodi nya Raisa “Pempem Velcro Pocket”, sebelum mencuci tempelkan Velcro pada tab. Ini penting dilakukan agar Velcro tidak rusak saat pencucian, yang berarti memperpanjang usia Velcro.
  4. Cukup guyurkan air pada clodi yang terkena pipis, jangan dikucek kecuali membersihkan pup, untuk membersihkan pup, pertama buang kotoran pup sampai bersih baru kemudian dikucek menggunakan detergen,  kadang pup masih meninggalkan noda tapi jangan khawatir dengan menjemur dibawah terik matahari secara alami akan menghilangkan noda.
  5. Penjemuran menggunakan sinar matahari langsung lebih disarankan kerena kering lebih maksimal dan menghilangkan noda yang tersisa.
  6. Kalau clodi bocor, bisa jadi karena clodi tidak pas dibadan bayi, saat memakaikan kita harus memastikan tidak ada rongga dibagian paha, karna kebanyakan kebocoran terjadi dibagian paha atau bocor samping, saat memasukan insert, jangan sampai insert terlipat,
  7. Clodi juga butuh peremajaan atau stripping, stripping bisa dilakukan dengan  merebus insertnya sampai air menjadi keruh yang tandanya residu sudah mulai terangkat, bisa juga dengan disiram menggunakan air hangat, bisa juga dengan mencuci insert dengan air hangat dicampur ½ cup cuka dan ½ cup baking soda, dan hasilnya clodi bisa kembali staminanya.

menjemur clodi

Advertisements