MPASI Perdana Kakak Raisa: Puree Beras Merah

Setelah browsing sana-sini, intip forum-forum online para smart mommy, akhirnya memantapkan diri dengan menu karbohidrat dulu buat MPASI perdananya kk Raisa, pilihan menu jatuh ke beras merah. Awalnya masih bingung antara buah dulu yang dikenalkan ke kk atau karbohidrat dulu atau sayur dulu, tapi setelah beberapa opini bahwa bayi setelah 6 bulan membutuhkan banyak energi untuk tumbuh kembangnya, disini bayi lebih butuh karbo dulu, pertimbangan lainnya ada yang mengatakan kalau kita kasih awalnya buah dulu, nanti cenderung susah makan nasi atau sayur karena rasanya enakan buah.

Akhirnya memantapkan diri buat mengenalkan beras merah dulu pake tepung organik beras merah, tepung gasol. Akhirnya siang2 waktu istirahat kantor nyempetin diri deh beli tepung gasol di ITC Cempaka Mas, Audrey.

Cukup gampang yah masak puree beras merah dari tepung gasol ini. Takarannya 1 sendok makan tepung gasol dicampur air matang 200ml, diaduk terus di atas api kecil. Setelah mendidih, artinya puree sudah matang, biarkan agak dingin, siap disuapin ke si kecil deh.

puree beras merah

Karena kk Raisa baru mulai MPASI perdananya, maka puree beras merahnya masih dicampur ASI, supaya ga kaget penceranaannya. Alhamdulillah kk doyan banget puree nya meskipun awalnya maemnya kayak icip-icip sambil mainin bibirnya seolah-olah mau bilang “Apaan nih Bunda? kok beda rasanya?” hehehe, tapi trus lama-lama mulutnya mangap sendiri minta disuapin lagi. Hihihi.

Oww yaa, ini buku-buku yang berguna banget buat saya dalam persiapan MPASI kk Raisa:

Buku MPASI

Di buku MPASI perdana cihuy, dibahas banget bagaimana mempersiapkan MPASI bayi yang sudah mulai berusia 6 bulan, mulai dari alat apa aja yang dibutuhkan, bahan-bahan apa saja yang boleh dikenalkan terlebih dahulu dan bahan-bahan apa yang sebaiknya ditunda dulu pengenalannya. Buku ini berguna banget buat emak-emak seperti saya yang bener2 buta banget awalnya tentang MPASI. Nah kalau buku yang kedua itu saya dapat dari langganan majalah Ayah Bunda selama 6 bulan, jadi buku ini bonusnya. Di buku ini juga dikupas habis tentang MPASI sehingga kedua buku tersebut saling melengkapi, ditambah lagi banyak resep-resep yang sudah dikategorikan untuk bayi usia 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan dan seterusnya. Kalau buku yang ketiga itu murni resep-resep untuk membuat menu harian MPASI supaya kita ga kehabisan ide dalam menyiapkan menu makan si kecil.

Semoga infonya bermanfaat ya buat Bunda-bunda semua ^^

Advertisements